Apa Itu Agoraphobia?


Pengertian Agoraphobia merupakan salah satu jenis gangguan cemas ( khawatir ) pada manusia, di mana penderitanya merasa ketakutan yang berlebih dan menghindari tempat atau situasi yang menimbulkan rasa panik dan membuatnya malu, terjebak atau tidak berdaya. Situasi-situasi tersebut antara lain, saat menggunakan transportasi umum, dalam keramaian atau sedang antri. Tempat terbuka seperti jembatan dan tempat parkir, serta ruang tertutup seperti toko dan bioskop juga membuat penderita agoraphobia merasa khawatir. Kebanyakan gangguan agoraphobia ini berkembang setelah penderitanya mengalami satu atau lebih serangan panik.

Jika terpaksa ke tempat umum, penderita agoraphobia merasa perlu untuk ditemani oleh orang yang mereka percayai, seperti anggota keluarga atau teman dekat, karena mereka tidak merasa aman.

Baca Juga : Sejarah Mula Awal Ajaran Najis Pemuja Setan

Gejala Agoraphobia
Gejala yang dirasakan penderita agoraphobia dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu:
  • Gejala fisik, biasanya hanya muncul ketika penderita dalam situasi atau lingkungan yang memicu rasa cemas. Gejala fisik agoraphobia, antara lain adalah detak jantung dan napas menjadi cepat, merasa panas dan berkeringat, merasa tidak sehat, nyeri dada, kesulitan menelan, diare, gemetar, pusing, tinnitus, dan merasa ingin pingsan.
  • Gejala kognitif, yaitu perasaan atau pikiran penderita yang dapat berhubungan dengan gejala fisiknya. Beberapa gejala kognitif agoraphobia, antara lain adalah perasaan takut bahwa serangan panik yang dialami akan mengancam nyawa dan membuatnya terlihat seperti orang bodoh. Bila terjadi serangan panik, penderita merasa bahwa dia tidak dapat kabur dari situasi tersebut. Penderita juga merasa takut akan kehilangan kewarasan, kontrol diri, dan menjadi pusat perhatian orang sekelilingnya.
  • Gejala perilaku, misalnya menghindari situasi yang rawan menimbulkan serangan panik, seperti berada di dalam transportasi umum, antrean, atau dalam keramaian. Penderita juga menghindar untuk keluar rumah atau tidak dapat meninggalkan rumah untuk waktu lama, dan membutuhkan orang yang dipercaya untuk menemaninya pergi ke mana pun.
Baca Juga : Pembantaian Keji Terhadap Ratusan Penyihir di Salem, Amerika

Penyebab dan Faktor Risiko Agoraphobia
Sampai saat ini, penyebab pasti agoraphobia masih belum ditemukan. Agoraphobia umumnya berkembang sebagai komplikasi dari serangan panik. Hal ini akibat cara menghindar dan ketakutan yang berlebihan terhadap serangan panik. Faktor biologis (kondisi kesehatan dan keturunan), sifat dan perilaku, tekanan lingkungan, serta pengalaman hidup turut berperan dalam berkembangnya agoraphobia.

Beberapa faktor lain selain gangguan panik yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena agoraphobia adalah:
  • Usia. Agoraphobia dapat mulai dirasakan ketika masih anak-anak, namun umumnya baru dirasakan saat seseorang memasuki fase peralihan dari remaja ke dewasa. Biasanya sebelum mencapai usia 35 tahun.
  • Menderita fobia. Selain gangguan panik, agoraphobia dapat dipicu oleh ketakutan yang berlebihan (fobia) terhadap sesuatu.
  • Pernah mengalami kejadian traumatis, seperti penyiksaan atau kematian keluarga.
  • Memiliki sifat mudah cemas dan gugup.
  • Memiliki anggota keluarga yang menderita agoraphobia.
Baca Juga : Kisah Nyata Pasangan Beauty And The Beast

Diagnosis Agoraphobia
Jika pasien dicurigai menderita agoraphobia, maka diagnosisnya diambil berdasarkan pada:
  • Gejala dan tanda klinis pada pasien.
  • Wawancara mendalam dengan pasien, yang dilakukan oleh dokter, psikolog, atau psikiater.
  • Pemeriksaan fisik, untuk mengidentifikasi adanya penyebab lainnya.

Pengobatan dan Pencegahan Agoraphobia
Beberapa langkah pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengatasi agoraphobia adalah:
  • Psikoterapi. Penderita akan dibantu oleh psikolog atau psikiater untuk belajar mengurangi gejala-gejala kecemasan. Contoh terapi yang dapat dilakukan adalah terapi perilaku kognitif dan terapi eksposur.
  • Konsumsi obat-obatan. Dokter juga akan meresepkan obat antidepresan atau obat antiansietas untuk meredakan gejala kecemasan.
Tidak ada langkah pasti untuk mencegah agoraphobia. Akan tetapi, kecemasan cenderung akan meningkat jika penderita menghindari situasi yang ditakutinya. Jika Anda menderita agoraphobia, berlatihlah untuk mengatasi dan mengendalikan rasa takut akan suatu tempat. Ajaklah anggota keluarga atau teman untuk pergi bersama ke tempat yang ditakuti.


Komplikasi Agoraphobia
Jika tidak segera mendapatkan penanganan, gangguan agoraphobia ini dapat membatasi aktivitas sehari-hari penderitanya. Bahkan penderita bisa merasa ketakutan untuk keluar rumah selama bertahun-tahun. Beberapa komplikasi yang dapat dialami penderita agoraphobia adalah:
  • Ketergantungan alkohol dan NAPZA.
  • Gangguan mental lainnya, seperti gangguan kecemasan atau gangguan kepribadian.
  • Depresi.

Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Agoraphobia?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel