Rekaman Percakapan Debat Kedua Capres

Debat Kedua Capres PEMILU 2019
Minggu, 17 Februari 2019. Pukul 20.00 WIB


Kedua Capres terlihat santai.

Visi Dan Misi Prabowo : Agar negara ini berhasil, kita harus berdiri di atas kaki kita sendiri. Kami akan menjamin harga pangan terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia dan menjamin harga produksi para petani kita.

Visi dan Misi Jokowi : Visi kami adalah Indonesia maju di bidang energi. Ke depan kita akan mengurangi energi fosil. Di bidang lingkungan hidup, dalam 3 tahun ini sudah tidak terjadi lagi kebakaran lahan gambut.

SESI TANYA JAWAB

Jokowi: Dalam 4 tahun ini telah kita bangun banyak sekali infrastruktur, agar konektivitas antar pulau, kota dan propinsi makin baik. Tanpa membangun infrastruktur lupakan daya saing kita.
Saya berkomitmen terus meningkatkan pembangunan infrastruktur selain pembangunan SDM.

Prabowo: Saya harus menyampaikaj sebagian besar tim pak Jokowi kerjanya tidak efisien, grusa-grusu.
Infrastruktur untuk rakyat bukan rakyat untuk infrastruktur

Jokowi: Jika dibilang tidak ada feasibility study tentu salah besar sebab ada study kelayakannya.

Prabowo: Infrastruktur harus untuk rakyat. Dalam perencanaan harus melibatkan rakyat. Untuk itu saya melihat biaya uang yg saya lihat sekarang dari utang merupakan beban bagi ekonomi kita

Jokowi: Pembangunan 191 ribu kilometer jalan2 desa adalah untuk rakyat. Dalam hal ganti rugi selama 4 tahun tidak ada konflik karena kita kasih ganti untung bukan ganti rugi

Jokowi: Dalam revolusi industri 4.0 saya yakini dgn pembangunan SDM kita akan mampu tidak tertinggal. Palapa ring sudah 100 persen kita selesaikan.

Prabowo: Kita belum bisa membela petani2 kita sendiri tanpa import2

Jokowi: Saya meyakini kita bisa memasuki 4.0 secara optimis. Contoh "Petani Hub" yg menguntungkan petani kita

Prabowo: Sawit komoditas penting dan menjanjikan karena bisa utk biodiesel.  Kita akan import 100% bahan bakar kita

Jokowi: Kita sudah mulai B20 dan 98% sudah dilaksanakan. Targetnya tidak lagi ada ketergantungan dari import

Prabowo: Kami mengakui pak Jokowi telah melakukan hal positive terkait hal itu.

Prabowo: Apabila saya diberi mandat maka saya akan menerapkan hukum secara tegas kepada perusahaan2 yg merusak lingkungan.  Saya akan memisahkan menteri kehutanan dengan lungkungan hidup

Jokowi: Kenapa dalam 3 tahun ini kita bisa mengatasi kebakaran hutan dan gambut? Karena kita tegas terhadap perusahaan2 pembakar hutan.


Baca Juga :
10 Pajak Paling Aneh dan Tolol Yang Pernah Dibuat
Mitos Dan Sejarah Batu Akik Klawing
Mengenal Zoroastrianisme, Agama Monoteisme Tertua Dari Persia


Prabowo: Saya mengakui kl demikian prestasi Bapak maka saya mengakui dan mendukung.

Jokowi: Dalam 2 tahun ini kita sudah membagikan konsesi 2,6 juta hektar pada masyarakat adat dll dan mendampingi agar mereka produktif. Di tahun 2017 sudah 5 juta serifikat dibagikan dan 2018 ada 7 juta serifikat yg dibagikan agar mereka punya hak hukum atas tanah

Prabowo: Tanah tidak tambah tapi rakyat Indonesia tambah.

Jokowi: Saya berikan pada yg kecil2, bukan pada yg besar. Saya tahu pak Prabowo punya tanah 220 ribu hektar di kalimantan, juga di Aceh tengah. Saya sampaikan bahwa pemberian konsesi ini tidak dilakukan di masa pemerintahan saya.

Tampaknya debat kedua ini Jokowi mempersiapkan data dengan sangat baik.

Prabowo: Seolah negara sudah di kooptasi oleh perusahaan2 swasta. Situasi yg dibutuhkan sekarang adalah pemerintah yg tegas tapi sebagian perusahaan2 tersebut sudah tidak di Indonesia.

Jokowi: Sejak 2015 Pemerintah sudah kerjasama dgn KPK dalam hal penyelamatan sumber daya alam. Di tambang bukit asam hampir sebagian besar bekas tambang sudah jadi hutan kembali.

Prabowo secara tidak spesifik menyebut di beberapa tempat tentang perusahaan2 multinasional yg melakukan pelanggaran lingkungan hidup

Prabowo: Saya kira masalah ini kita sudah cukup, buat apa kita diadu2.

Jokowi: Saya setuju saja. Laut adalah masa depan ekonomi Indonesia. Dalam 4 tahun ini 488 kapal yg kita tenggelamkan. Menjadi kesempatan bagi nelayan2 kita utk lebih sejahtera.

Prabowo: Yg jadi masalah sekarang adalah nelayan2 miskin tak punya akses terhadap teknologi, kapal dan permodalan. Strategi kami adalah akan membuat BUMN2 khusus di bidang laut dan perikanan.

Jokowi: untuk BUMN kita telah memiliki yg namanya Perindo dan Perinus. Utk nelayan kecil dgn bobot 10GT kebawah tak perlu lagi izin.

Prabowo: Kita sudah lama jadi orang Indonesia. Biasanya laporan keatas yg baik2 saja.

Jokowi: Tugas kita sebagai pemimpin adalah membuat yg tidak baik menjadi baik. Saya tengah malam menemui nelayan di Semarang hanya bersama sopir saja agar mengetahui sendiri kondisi lapangan.

Prabowo: Saya rasa cukup jelas. Saya kira masalah ini kita sudah cukup, buat apa kita diadu2.

Jokowi: Saya setuju saja

Prabowo: Bapak Jokowidodo menyatakan tidak akan import komoditas2 pangan, ternyata banyak sekali import pak. Ini sangat memukul petani2 kita.

Jokowi: Di bidang beras sejak 2014 impor kita turun turun. Tahun 2018 kemarin produksi kita surplus 2,8 juta ton. Kenapa kita impor? Karena kita perlu cadangan untuk bencana, gagal panen, dll

Prabowo: Jika sudah surplus kenapa masih perlu impor?
Menteri perdagangan Bapak mengubah peraturan tanpa sepengetahuan bapak.

Jokowi: Tugas pemerintah adalah menjaga harga yg menguntungkan petani tetapi juga terjangkau oleh rakyat.

Jokowi: Infrastruktur apa yg akan bapak bangun untuk mendukung unicorn2 Indonesia?

Prabowo: Maksud bapak unicorn yg online online itu?
Saya menyambut baik dinamika perkembangan bisnis macam itu.

Jokowi: Di Asia ada 7 unicorn dan 4-nya ada di Indonesia. Kita mendukung agar unicorn2 Indonesia bertambah lagi dengan regulasi yg memudahkan startup kita.

Prabowo: Kita tahu perkembangan IT bergerak sangat2 cepat. Tetapi hal2 mendasar dalam perekonomian Indonesia terjadi 1% menguasai ekonomi Indonesia.  Saya khawatir dgn adanya unicorn2 ini justru mempercepat arus larinya uang kita ke LN. Pernyataan terakhir Prabowo ini layak jadi pertimbangan milenials.

Jokowi: Mengelola negara sebesar Indonesia tidak mudah. Sangat beruntung saya punya pengalaman sebagai walikota, gubernur dan 4 tahun ini sebagai Presiden.  Untuk kepentingan bangsa tidak ada yg saya takuti. Untuk Indonesia maju.

Prabowo: Bagaimana pun pak Jokowi punya hasil2 yv sudah dicapai. Hanya Prabowo-Sandi punya falsafah yg yg berpihak pada keadilan. Kita harus menjaga agar kekayaan kita tidak lari ke LN.  Tentang tanah yg saya kuasai di Kalimantan dan Aceh itu benar.

Sekian livetweet debat capres kedua malam ini. Mohon maaf jika ada kesalahan penulisan. Semoga jadi pembelajaran demokrasi yg baik bagi kita semua. Terima kasih 🙏

Source : @PartaiSocmed

Belum ada Komentar untuk "Rekaman Percakapan Debat Kedua Capres "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel