Mengenal Istilah-istilah Moto GP
Berawal dari nonton Moto GP, dengerin komentator sama review banyak
istilah yang gak ngerti kemudian coba googling istilah apa saja yang ada
di Moto GP. Berikut istilah-istilah yang berhasil dikumpulin :
Apex:
APEX Titik paling rapat dari suatu tikungan yang mana biasanya pembalap
melaluinya sebelum mulai keluar tikungan dan berakselerasi
Braking Marker:
Titik nyata yang digunakan oleh pembalap untuk mengetahui dimana dia
harus mulai mengerem saat akan memasuki tikungan. Penanda ini bisa
berupa pohon, papan iklan, tanda di trek atau hal lainnya yang bisa
dipakai oleh pembalap untuk memandu pola pengereman pembalap.
Chicane:
Lintasan berbentuk huruf S. letak biasanya diantara straight atau trek
lurus. Fungsinya untuk meredam kecepatan dan sekaligus ketangkasan. Di
lintasan ini, pembalap diuji gerakan pinggulnya. Sehingga tidak terjadi
kecepatan tinggi dan malah berubah seperti seni tari.
Compounds:
Tipe / jenis karet yang digunakan oleh ban
Curbstones:
Biasa juga disebut dengan KERB, terdapat di tepian lintasan balap.
Biasanya di daerah tikungan. Berbentuk gundukan gerigi dibari tanda cat
warna-warni. Fungsi utamanya sebagai tepian akhir mendorong kendaraan
kembali ke dalam racing line. Itu jika motor terlalu out akibat
kecepatan. Kerb selalu lebih ngegrip daripada aspal. Akan Manahan
kendaraan keluar lintasan.
Displacement:
Kapasitas CC dari mesin motor, contohnya, 1000 cc, 600 cc
Dry Race:
Balapan yang dimana permukaan track dianggap kering oleh Race Direction,
kebalikan dari Wet Race. Dalam keadaan kering, pembalap menggunakan ban
slick pada motornya.
Dorna:
organisasi penyelenggara balapan MotoGP. Dorna bertanggung jawab terhadap kualitas event dan juga mengurusi sponsor event.
Endo:
Trik dalam mengerem motor secara mendadak sampai bagian belakang motor terangkat
Fairing:
Bagian badan terluar dari motor yang melindungi motor dan pembalap dari
debu dan hembusan angin. Fairing didekorasi dengan warna tim, logo
sponsor, dan nomor balap.
FIM:
sebuah organisasi internasional di bidang balap sepeda motor
GP (Grand Prix):
Event Balapan, Moto GP, Moto 2 dan Moto 3
Grid:
Tanda starting point start/ finish di lintasan balap
Hairpin:
Disebut juga tikungan tusuk konde. Karena bentuknya seperti konde
ibu-ibu pejabat. Di balap Tanah Air disebut tikungan balik badan.
Tikungan mati yang memaksa pembalap mengerem habis. Bahkan, tidak jarang
harus menurunkan kaki. Sering ditemui sirkuit dadakan. Di sirkuit
internasional, tikungan ini tetap ada, tapi radiusnya lebih besar.
Sesuai besarnya sirkuit.
High Side:
Kecelakaan dimana ban belakang motor tergelincir dan kemudian
mendapatkan cengkeraman kembali sehingga membuat bagian belakang motor
terlempar ke atas setelah mendapatkan grip.
Hole-Shot:
Memimpin balapan pada tikungan pertama
Low Side:
Kecelakaan yang mana salah satu atau kedua ban motor kehilangan daya
cengkeram dan tidak bisa kembali mendapatkan traksi yang mengakibatkan
motor tergelincir dari bawah pembalap.
Lean Angle:
Kemiringan motor dan pembalap pada saat tikungan, kadang kala lutut pembalap menyentuh lintasa
OnBoard:
kamera yang terpasang pada motor
Parc Fermé:
Area pada pit lane yang didesain sebagai tempat parkir pembalap yang
naik podium pada setiap kategori dan diwawancarai oleh kru televisi
sesaat setelah setiap balapan.
Paddock:
Tempat yang paling steril di balapan. Disinilah semua pelaku balap
berada. Mulai pembalap, manager tim, mekanik hingga motor balapnya.
Menjadi tempat paling steril karena di sinilah mereka merancang strategi
hingga ubahan setingan pada motor. Pada tim papan atas, paddock dibagi
menjadi beberapa petak yang terdiri tempat motor, tempat pembalap
istirahat dan tempat terima sponsor dan wartawan.
Pit Area:
Jalanan yang dilalui pembalap sesaat meninggalkan paddock untuk menuju
lintasan balapan. Di sini disediakan dua pintu. Pit in, sebagai jalan
pembalap untuk memasuki paddock selepas balapan dan pit out digunakan
pembalap untuk memasuki lintasan balap. Pit area ini juga digunakan
sebagai tempat untuk menservis motor balap yang bermasalah di tengah
balapan terakhir, mekanik boleh membetulkan motor di area ini.
Pit Lane:
Selain Pit Area,ada juga Pit Lane.Letaknya segaris dengan Pit Area.Di
Sentul besar,bisa dilihat dengan garis kuning.Di garis ini,para marshall
pengibar bendera berdiri .Tugas mereka mengawasi dan mengamankan motor
pembalap lalu lalang di depan Pit Area.
ole position atau Pole:
Menandakan urutan pembalap yang berhak menempati urutan paling depan/pertama dengan menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi
Race Director Room:
Tempat pimpinan lomba berada. Di balap nasional dikenal sebagai kamar
hitung. Di sinilah seluruh balapan dipantau. Mulai catatan waktu, urutan
pembalap, hingga gambar yang terhubung dengan kamera jump start dan
gerak-gerik pembalap.
Rookie:
Pembalap baru/pendatang baru. isitilah ini dipakai disemua kelas
Rostrum:
Kata lain dari podium
Scrutineering:
proses pemeriksaan teknis yang dilakukan secara detail, baik dilakukan sebelum dan/atau sesudah balapan
Slipstrema:
Keadaan dimana pembalap mengikuti pembalap lain dari belakang dan menunggu momentum untuk mendahuluinya
Swingarm:
Tempat dimana rantai dan suspensi belakang dipasang
Topping the timesheet:
Add caption |
Kegiatan me-record yang tercepat dalam sesi latihan dan kualifikasi
Tyre Wall:
tembok ban dibentuk sebagai barir ketika terjadi kecelakaan atau tabrakan.
wheele:
Mengangkat roda depan sambil melaju
Wild Card:
Pembalap nonkontrak yang mengikuti balapan pada saat tertentu saja, berlawanan dengan kompetitor tetap.
Sumber : kaskus / neozonk
Belum ada Komentar untuk "Mengenal Istilah-istilah Moto GP"
Posting Komentar