Ternyata Ada Hewan Juga Yang Mengalami Menopause


Wanita dewasa pasti memiliki masa menopause. Wanita pada umumnya mengalami menopause antara usia 45 dan 55. Pada umur ini, biasanya mereka mengalami perubahan hormonal yang menyebabkan berhenti reproduksi. Tapi, ternyata bukan hanya manusia saja yang mengalami fase menopause, hewan mamalia pun mengalami kondisi serupa. ( Baca Juga : Kenapa Sih Bendera Kita Merah Putih? Bukan Merah Ijo? )

Para ilmuwan telah lama mengetahui kesuburan dan keberhasilan reproduksi hewan perlahan menurun seiring bertambahnya usia. Fenomena ini disebut sebagai penuaan reproduksi. Akan tetapi, sebagian besar, penuaan reproduksi pada hewan tampaknya berlanjut sampai usia tua dan kematiannya. Dalam tinjauan spesies primata baru-baru ini, dikutip dari Live Science, Rabu 4 Oktober 2017, para peneliti menemukan manusia adalah satu-satunya primata yang tidak mati dalam beberapa tahun setelah kesuburannya terhenti. ( Baca Juga : Zona-Zona Paling Berbahaya dalam Hidup, Udah Pernah Masuk ? )

Namun, dalam beberapa dekade terakhir, banyak penelitian telah mengklaim, menopause terjadi pada berbagai jenis spesies. Ikan Gupi, misalnya. Menurut sebuah studi, ikan ini mengalami menopause, rata-rata 13,6 persen dari masa hidupnya. Faktanya, menopause semacam itu tampak agak umum terjadi di antara ikan, burung, mamalia hewan tanpa tulang belakang. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Trends in Ecology & Evolution pada Juli 2015.

Belum ada Komentar untuk "Ternyata Ada Hewan Juga Yang Mengalami Menopause"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel