Pengen Buka Usaha Makanan? Belajarlah Dari Keunikan Rumah Makan Padang


Di Indonesia siapa yang tidak kenal dengan masakan padang. Rumah makan yang menyajikan makanan khas padang seperti rendang, ayam goreng dan kuah gulainya yang menggoda. Mulai dari restoran megah nan mewah sampai rumah makan kecil di pinggir jalan. Dari kota-kota besar hingga kota kecil di pelosok daerah pun dapat kita temui rumah makan ini. Bahkan makanan inipun sudah dikenal di beberapa negara tetangga.

Masakan padang termasuk makanan tradisional yang melegenda dan masih disukai masyarakat bahkan pasarnya semakin meluas. Selain karena kelezatannya, ternyata ada beberapa keunikan yang saya temui dan saya pelajari dari rumah makan padang.

1. Rumah Makan Padang Dimanapun Memiliki Cita Rasa Yang Terjaga


Secara umum dimanapun tempatnya cita rasa masakan padang itu selalu terjaga dan hampir sama. Karena citrasanya yang sudah sangat diterima oleh lidah masyarakat Indonesia. Sebagian orang ketika pindah dari satu kota ke kota lain yang berbeda daerah dan budayanya. Dan belum terbiasa dengan makanan di daerah tersebut. Mereka memilih masakan padang sebagai alternative pertama sebelum menyantap masakan di daerah barunya tersebut. Namun Agan akan terkejut ketika datang ke daerah asalnya yaitu kota padang, Sumatera Barat. Agan akan kesulitan menemukan rumah makan padang.Di daerah asalnya tidak ada rumah makan yang menyebutkan dirinya sebagai rumah makan padang. Yang ada hanyalah restoran restoran dengan nama merk dan spesialisasi restorannya masing masing.

Baca Juga :
9 Kalimat Maut yang Sering Diomongin Cewe ke Cowonya Saat Ngambek
27 Gambar Bukti Dunia Dalam Bahaya!
Hal-Hal "Sepele" Yang Akan Membuat Orang Tuamu Sedih

2. Merek Rumah Makan Padang Sangat Melekat Kuat Di Masyarakat


Apapun nama rumah makannya entah itu Bumi Minang, Padang Murah dan sebagainya. Kita akan menyebutnya sama, rumah makan padang saja dan menganggap itu sama. Karena pada dasarnya rumah makan padang ini berkembang atas presepsi masyarakat. Orang lebih terasosiasi dengan merek rumah makan padang. Ketika mendengar rumah makan padang mereka langsung bisa terbayang apa saja yang dijual disana.


3. Pemilik Rumah Makan Padang Belum Tentu Orang Padang


Dari beberapa rumah makan padang yang saya temui, saya menemukan di daerah tertentu tidak semua rumah makan padang dimiliki oleh orang Padang asli, ada juga pemilik rumah makan padangnya adalah orang Jawa Timur, Bali, Sunda dan daerah lainnya. Hal ini menunjukan bahwa pasar masakan padang di Indonesia tetap besar untuk digarap dan siapapun bisa mengambil peluang ini.


4. Pelayanannya Yang Cepat


Salah satu kekuatan rumah makan padang adalah kecepatan penyajiannya. Kesibukan masyarakat yang ingin serba cepat membuat rumah makan padang adalah salah satu alternative terbaik untuk dipilih saat seseorang terburu waktu.Kita hanya perlu menunjuk makanan apa saja yang kita inginkan, dan tak perlu waktu lama beberapa saat kemudian makanan dan minuman sudah sampai di meja kita. Bahkan di beberapa rumah makan padang, pembeli bisa mengambil sendiri nasi dan lauknya. Proses pembayarannya juga cepat dan tidak berbelit belit. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa Rumah Makan Padang adalah “Restoran Fast Food Asli Indonesia”.


5. Kekuatan Display (Penataan Makanan)


Ketika kita berkendara kita jarang menyadari bahwa beberapa saat lamanya setiap kali melewati rumah makan padang, display makanan rumah makan padang itu menjadi perhatian kita. Penataan makanan di rumah makan padang memang sangat khas dan rapi serta meningkatkan nafsu makan. Bahkan jika agan amati, agan akan menemukan berbagai macam warna makanan seperi rendang yang coklat, hijaunya sayuran, kuning kuah gulai dan sebaginya itu diatur sedemikian rupa agar terlihat menarik. Dan secara tidak sadar ini menjadi salah satu penarik pengunjung untuk datang dan membeli.


6. Memberi Sesuatu Lebih Dari Yang Diharapkan


Pada umumnya jika kita membeli sesuatu kita hanya akan mendapatkan sejumlah apa yang kita beli. Namun di rumah makan padang secara umum agan akan mendapatkan sesuatu yang lebih dan sifatnya gratis. Sekalipun itu hanya air putih, teh tawar, sayur, kuah bahkan di beberapa rumah makan padang ada yang bisa menambah porsi nasi secara gratis. Tentu saja strategi ini akan membuat senang pembeli meski mungkin bagi sebagian orang hal ini bukan sesuatu yang istimewa. Namun harus diakui bahwa sebenarnya memberikan seuatu yang lebih kepada pelanggan merupakan salah satu kunci sukses dalam bisnis apapun terutama restoran.

Sekian beberapa keunikan rumah makan padang. Semoga bisa menginspirasi dan mengambil pelajaran dari kesuksesan rumah makan padang ini untuk diterapkan pada bisnis kita masing masing, Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Pengen Buka Usaha Makanan? Belajarlah Dari Keunikan Rumah Makan Padang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel