Sejarah Dan Asal Usul Terbentuknya Animasi Doraemon


Siapa lagi kucing robot teman Nobita kalau bukan Doraemon? Tentu hampir setiap orang yang menghabiskan masa kecilnya di hari Minggu pagi di depan layar TV mengetahui ini. Doraemon sendiri berasal dari sebuah manga Jepang yang diadaptasi ke dalam film kartun sejak tahun 1969.

Doraemon adalah sebuah robot kucing dari abad ke-22 yang dikirim untuk menolong seorang anak SD yang malas bernama Nobi Nobita agar di masa depan nanti ia bisa mendapatkan kesuksesan.

Sebagai robot, Doraemon memiliki sebuah kantong ajaib di perutnya yang isinya berbagai macam peralatan canggih di abadnya. Peralatan yang sering digunakan dan dikenal banyak orang adalah Baling-baling Bambu dan Pintu Kemana Saja.

Doraemon menggunakan berbagai peralatan canggih ini untuk membantu Nobita, walaupun seringkali tidak dipergunakan dengan baik dan justru menimbulkan kekacauan.

Pada awalnya, robot kucing berwarna orange ini mengalami kecelakaan ketika dibuat di sebuah pabrik pada tanggal 3 Septermber 2112 sehingga membuat Doraemon menjadi barang cacat.

Maka dari itu Doraemon dilelang dan kemudian ditawar oleh sebuah keluarga miskin untuk menjadi pengasuh cicit Nobita, Sewashi.

Suatu ketika, sebuah robot tikus mengganggu dan menggigit telinganya hingga Doraemon menangis selama berhari-hari yang menyebabkan warna aslinya, biru, muncul seperti Doraemon yang selama ini kita kenal.

Sejarah animasi Doraemon sendiri bermula ketika Fujiko F. Jujio mengarang manga Doraemon pada bulan Desember 1969 dalam 6 majalah bulanan anak-anak, antara lain majalah Yoiko (anak baik), Yōchien (taman kanak-kanak), Shogaku Ichinensei (kelas 1 SD), dan Shogaku Yonnensei (kelas 4 SD). Sejak 1973, majalah Shogaku Gogensei (kelas 5 SD) dan Shogaku Rokunensei (kelas 6 SD). Namun karena setiap majalah memiliki cerita yang berbeda maka Fujiko harus mengarang 6 buah cerita untuk setiap bulannya.

Sejak pertama kali muncul pada tahun 1969, cerita Doraemon telah dikumpulkan dan dibagi ke dalam 45 buku yang dipublikasikan sejak tahun 1974 sampai 1996, dan telah terjual lebih dari 80 juta buku pada tahun 1992.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Dan Asal Usul Terbentuknya Animasi Doraemon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel