Misteri Dan Asal Usul Adanya Jaelangkung Di Indonesia


Jaelangkung merupakan salah satu dari hal mistisme atau Ghaib yang hanya ada di Indonesia, mistis yang ini merupakan wahana permainan ghaib yang sudah ada sejak dulu, yang merupakan salah satu warisan budaya leluhur yang masih bertahan sampai saat ini. Keberadaannya sudah mulai tersingkirkan oleh berkembangnya pengetahuan di negeri ini.

Jaelangkung inilah salah satu wajah bahwa Indonesia ini pada ajaman dulunya sangat kental dengan aroma ghaib, sampai nama jaelangkung menjadi symbol Film horror di Indonesia, tapi tahukah anda bahwa Jaelangkung sebetulnya bentuk Akulturasi budaya dari tiongkok?. Sebenarnya Jaelangkung bukanlah produk Asli Indonesia, akan tetapi merupakan bentuk perpaduan antara budaya Indonesia dan budaya Tiongkok, ini terbukti dari sejarah yang mengatakan dulu sebelum ada jaelangkung ada ritual Cay Lan Gong yang dimainkan oleh orang Tiong Hoa yang ada di Tanah Air.

Cay Lan Gong merupakan ritual tentang pemanggilan kekuatan dewa Poyang dan Moyang yang merupakan dewa permainan anak-anak, dan ritual ini dilakukan oleh segerombolan remaja. Itulah kultur orang tiong Hoa yang diserap dan dipakai oleh warga pribumi.

Oleh karena itu metode dan media yang digunakan dalam dua ritual hampir sama, dalam ritual Cay Lan Gong yang digunakan berupa sebuah boneka keranjang yang mana di ujung tangan boneka diikat dengan kapur.

Dalam ritual ini setelah pembacaan mantra boneka akan berat dan itu merupakan pertanda bahwa roh Poyang telah masuk

Sedangkan media dan metode yang digunakan dalam ritual Jaelangkung adalah sebuah boneka kayu dengan kepala yang terbuat dari tempurung Kelapa dan diiringi dengan nyalaLlilin dan Kemenyan.

Setelah sang pawang memanggil roh dengan mantra-mantra,boneka Jaelangkung akan bergerak sendiri dan menuliskan semua keinginan dan jawaban dari pawangnya.

Dari kedua ritual tersebut sudah sangat jelas kesamaan dalam media ataupun metodenya, itulah kenapa kedua ritual ini sangat berkaitan, karena jaelangkung sendiri merupakan serapan dari tradisi tiongkok yaitu Cay Lan Gong yang sudah punah.

Belum ada Komentar untuk "Misteri Dan Asal Usul Adanya Jaelangkung Di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel