10 Gangguan Psikologi Teraneh di Muka Bumi

sekarang ane mau bahas 10 gangguan psikologi teraneh di bumi. Bagi para ahli dan mahasiswa yang kuliah di psikologi, biologi dan ahli ilmu sejenis silahkan masuk dan ikut nimbrung yak. Biar semakin lengkap deh informasinya.
Psikologi dibagi 2 yaitu, neurosis dan psychosis. Kalo Neurosis sedikit serius. Penderita sadar akan kondisi mentalnya. Tetapi kalo psychosis lebih duarius dan berdampak dengan emosional dan mental yang mungkin tidak disadari oleh penderitanya. Nah sekarang ane mau bahas gangguan kejiwaan yang psychosis . Selamat menyimak gan.



 Aboulomania



Gangguan kejiwaan ini menyebabkan sesorang menjadi kebingungan untuk menentukan pilihan yang simpel dari suatu keputusan. Penderita umumnya normal dan sangat sulit dibedakan dari orang normal lainnya. Tetapi, masalah tiba ketika pertanyaan-pertanyaan menyerang . Penderita akan menunjukkan wajah serius tetapi tidak bisa menentukan pilihannya. Ini sangat berbahaya, jika sudah masuk kedalam pilihan hidupnya apalagi ngerjain ulangan, bisa-bisa sampai kiamat belum kelar tuh ujian. Contohnya, penderita kebingungan untuk nanti malem keluar untuk jalan-jalan atau tidak, mikirnya sampai berjam-jam.



Kleptomania


Pernah main The Sims 3 ? . Ketika agan main The Sims 3 agan akan menemui karakter yang suka nyolong gan (tapi bukan berarti pekerjaanya robber ya gan). Kleptomania adalah suatu kondisi psikologi seseorang untuk terobsesi mencuri barang orang lain tetapi dia tidak membutuhkannya. Barang yang dicuri itu pun kaga pilih-pilih gan barang yang bernilai rendah juga diembat gan seperti pensil,penghapus, baut dan lain-lain. Kalo udah dicuri barangnya kagak bakal dijual gan dan biasanya juga kagak dipake langsung di buang gitu aja.



Obbesive Compulsive Disorder (OCD)


OCD adalah kondisi psikologi yang dapat menyebabkan sesorang untuk melakukan sesuatu secara berulang-ulang. OCD tidak dapat dikontrol dan melakukan sesuatu tanpa alasan yang jelas. Seperti contohnya kamu sedang naik tangga, tiba-tiba kamu pingin turun tangga setelah dibawah kamu pingin naik lagi. Kamu sering terobsesi untuk selalu mencuci tanganmu walaupun tanganmu sudah cukup bersih. Kamu telah mengunci pintu dan kamu masih ingat telah mengunci pintu, tetapi kamu kembali lagi ke sana untuk mengecek apakah pintu sudah dikunci apa belum. Penderita tidak dapat menghentikannya. 



Alice in The wonderland Syndrome


Wah mirip judul film anak-anak gan biasanya di Local Tv gan. Syndrome ini nama pendeknya adalah Micropsia. Syndrom ini membuat penderitanya melihat sesuatu lebih kecil dari aslinya layaknya menjadi Raksasa Buto IJO , serta melihat sesuatu lebih jauh dari aslinya . Contohnya, sebuah rumah akan terlihat sebesar mobil jika dilihat oleh penderita syndrom ini. Penyakit ini disebabkan oleh banyak sebab, salah satunya adalah TUMOR OTAK. Syndrom ini disebabkan karena otak tidak dapat terkoneksi dengan mata dalam pengiriman data.



Amnesia


Penyakit ini mungkin agan-agan sudah mengenal betul ataupun udah ada yang pernah mengalami? Amnesia adalah suatu kondisi dimana seseorang dapat kehilangan ingatan dari semua informasi dan pengalaman selama hidupnya. Tetapi sebenarnya ingatan dapat dipulihkan dengan mengingat dan melihat sesuatu baik tempat, kondisi dan seseorang yang spesial sehingga kemungkinan lebih cepat penderita menemukan jati dirinya yang asli gan,kalo misalnya ane kena amnesia, ingatan ane dapat pulih 100%, hanya jika nemu user Kamu Jahat 21 karena banyak kenangan ane bersamanya. Tetapi Amnesia juga bisa bersifat permanen gan, karena disebabkan benturan keras di area otak yang berfungsi memproses memori dan ia harus memulai kehidupan yang baru.



Capgras Syndrome


Capgras syndrome menyebabkan delusi kesalahan identifikasi. Kondisi ini menyebabkan, penderita berdelusi (berkhayal) memandang sesorang yang dicintainya (beberapa anggota keluarganya atau pacar) sebagai penipu, karena merasa orang yang dilihatnya tampak sama dengan orang yang dikenalnya. Tapi ia ketika didekati, ia merasa bahwa orang tersebut adalah bukan orang yang dikenalnya selama ini dan dianggap sebagai seorang penipu Ini disebabkan karena cedera otak disertai penyakit seperti dementia, epilepsi atau schizophrenia.Kondisi ini membuat penderitanya bingung karena merasa orang yang dilihatnya tampak sama dengan orang yang dikenalnya. Tapi ia ketika didekati, ia merasa bahwa orang tersebut adalah bukan orang yang dikenalnya selama ini dan dianggap sebagai seorang penipu. Penderita bisa mengenali wajah tapi setelah itu merasa asing karena tidak muncul kedekatan emosionalnya. Bahaya banget itu gan..



Somnambulism


Somnambulism biasanya dikenal dengan “sleep walking” yang biasanya ketika tidur tiba-tiba bangun (tidak sadar) dan melakukan sesuatu pekerjaan dengan normal. Beberapa penderita ada yang berjalan dengan tenang, tetapi ada juga yang lari seperti ingin kabur dari kejaran, mungkin karena faktor dalam mimpi yang sangat mengerikan. Umumnya, penderita berjalan dengan mata terbuka lebar. Kondisi ini biasanya diderita oleh anak-anak, tetapi juga dapat diderita oleh orang dewasa. Penderita dapat berbicara dengan bahasa dengan baik dan benar serta menggunakan keahliannya dalam kondisi tidak sadarkan diri.



Pica


Pica adalah sebuah syndrom yang menyebabkan orang untuk memakan sesuatu yang bersifat tak lazim. Orang normal akan merasa muntah. ketika melihat apa yang dimakan penderita ini. Ada 5 jenis penyakit ini:
1.Coprgaphy : Suka makan feces / pisang goreng melayang yang biasa dijual di sungai.
2. Geophagy : Suka makan tanah, pasir , tanah liat dan sebagainya
3.Hylaphagia : Suka makan gelas
4.Tricophagia : Suka makan rambut atau wool
5.Uropaghia : Suka minum urine.

Yang suka makan bata masuk mana ya gan?? Mungkin Geophaghy..
Pica dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup berbahaya bagi penderitanya, karena banyaknya sesuatu yang berbahaya dalam tubuhnya seperti gastrointestinal blockages. Penelitian menemukan bahwa penyakit ini sering dialami oleh wanita hamil (mungkin karena ngidam yang terlalu tinggi),anak-anak dan orang autis.




Alien Hand Syndrome


Tangan Alien? Ya , syndrom ini disebabkan oleh trauma kecelakaan otak, operasi bedah otak atau stroke yang menyebabkan infeksi otak. Penderita merasakan bahwa tangannya tidak dapat menyatu dengan jiwa dan raganya seperti ada yang mengontrol dari luar. Penderita tidak dapat mengontrol gerakan tangannya sendiri. Masih misteri penyebabnya gan. Mungkin ini gara-gara niat jahat si Plankton
Pernah nonton Sponge Bob ketika otaknya dikontrol plankton dengan remot untuk mencuri resep rahasia Mr.Crab. Yah mungkin penderita syndrom ini merasakan yang kondisi sama dengan kondisi Sponge Bob kala itu.




Multiple Personality Disorder


Sering dikenal dengan DID (Dissociative Identity Disorder) adalah kondisi psikologi yang menyebabkan sesorang merasakan mempunyai 2 identitas/kepribadian atau lebih yang berbeda. Jika penderita sedang memasuki kepribadian yang satu, maka penderita tidak akan ingat tentang kepribadian yang satunya.. Setiap kepribadian yang berbeda maka berbeda pula tingkat pengetahuannya, mood, cara bicara, sifat pribadi serta berbeda pula penderita menyampaikan biodata diri seperti nama, umur dan jenis kelamin.Sayangnya, ahli psikologi pun belum menemukan penyebabnya.

 Kalo belum paham ini baca bawah..
Gini lo gan. Kalo ente pernah maen harvest moon atau game sejenis, kan disana ada 2 save slots kan..Nah penderita ini bagaikan 2 save slots itu. Pasti 2 save-save an itu kan berbeda baik karakter, pacar, keahlian, uang dan lain-lain kan? Ketika agan main misalnya save slots A pasti berbeda ketika agan mainin save slots B kan? Yah seperti itulah.



Sumber : kaskus / channabeck

Belum ada Komentar untuk "10 Gangguan Psikologi Teraneh di Muka Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel