Terungkap 5 Provinsi di Indonesia yang Suka BAB Sembarangan


Halo, gan! Ane ada sedikit fakta yang cukup mencengangkan, nih.

Yang namanya BAB mungkin dibeberapa daerah dengan sebutan: Ngising, Boker, Be’rak, dan sebutan yang lainnya. Maka lewat kesempatan kali ini ane bakalan suguhkan sederet provinsi di Indonesia yang BAB sembarangan.


Meskipun agan biasanya melakukan BAB di toilet/WC, tetapi beberapa tempat memang masih memanfaatkan sungai untuk keperluan MCK. Berhubung beberapa pekan yang lalu, tepatnya sih pada 19 November 2015 adalah World Toilet Day, Tanpa bermaksud menjelek-jelekan daerah setempat kali ini ane hadir bakalan bahas 5 provinsi di Indonesia yang penduduknya suka BAB sembarangan nih. Nah, kira-kira provinsi mana aja tuh? Langsung aja gan cekidot daftar lengkapnya di bawah ini.


5. Gorontalo

Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, Kementerian Kesehatan, yang dipublikasikan pada Mei 2015, Gorontalo menduduki peringkat ke ke-5 untuk urusan BAB sembarangan. Dengan mengantongi presentase sebanyak 24,1% penduduk di provinsi ini masih melakukan BAB di sembarang tempat.


4. Papua

Setelah Gorontalo, disusul kemudian oleh provinsi Papua nih gan yang menempati urutan ke-4 untuk urusan BAB sembarangan. Dari hasil riset tersebut didapatkan data kalau 27,9% penduduk di Papua BAB sembarangan. Hal ini mungkin karena fasilitas yang tidak memadai kali ya gan?


3. Sulawesi Tengah

Urutan ke-3 berhak ditempati oleh provinsi Sulawesi Tengah yang notabennya jumlah penduduk Sulawesi Tengah yang masih BAB sembarangan lebih banyak 0,3% dibandingkan dengan provinsi Papua. Tercatat ada 28,2% penduduk Sulawesi Tengah yang BAB tidak pada tempatnya.


2. Nusa Tenggara Barat (NTB)
 
Jreng jreng jreng…. Selanjut lanjut ke posisi runner-up yang telah ditongkrongi oleh provinsi Nusa Tenggara Barat alias NTB gan. Menurut data Riset Kesehatan Dasar 2013, sebanyak 29,3% penduduk NTB BAB di sembarang tempat. Kalau agan berkunjung di sini, mohon BAB pada tempat yang sesuai ya gan


1. Sulawesi Barat
 
Apakah agan-agan ada yang berasal atau tinggal di provinsi Sulawesi Barat? Selamat gan, provinsi agan masuk menjadi provinsi yang penduduknya paling banyak BAB sembarangan. Dari data riset tersebut, 34,4% penduduk Sulawesi Barat BAB tidak pada tempatnya.

Sepertinya penyebab orang masih BAB sembarangan karena tidak memiliki fasilitas yang layak di beberapa daerah atau memiliki sanitasi yang buruk. Semoga hal ini menjadi perhatian utama pemerintah kita nih gan


Itulah deretan fakta dari data yang mengunkan tentang sederet provinsi yang masih BAB sembarangan, semoga thread ane cukup bermanfaat ya.



Sumber : kaskus / kangjati

Belum ada Komentar untuk "Terungkap 5 Provinsi di Indonesia yang Suka BAB Sembarangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel