Beberapa Organisasi yang Secara Rahasia Menjalankan dan Mengelola Internet

Introduction






Internet adalah jaringan yang mehubungkan miliaran perangkat komputer/smartphone milik penduduk di dunia,lantas pernah kepikiran nggak sih gan siapa yang mengelola internet itu sampai kita bisa lancar berinternet ria, bisa chatting di BBM atau LINE dan mungkin bisa ngaskus dengan lancar saat ini? nah dari pertanyaan itulah ane bakal merangkum beberapa organisasi yang menjalankan dan mengelola jaringan dalam internet uniknya semua itu tidak memiliki badan pusat tunggal untuk mengontrol apa yang terjadi di dalam jaringan yang luas tersebut, Berikut adalah beberapa organisasi yang secara tidak kita sadari menjalankan internet yang sedang kita manfaatkan ini.!




1.Internet Service Provider


Layanan internet yang ada saat ini disediakan dan dikelola oleh berbagai ISP di seluruh dunia. Mereka menyediakan internet ke rumah-rumah, ke kalangan bisnis dan perusahaan. ISP juga memfasilitasi berbagai layanan lain seperti email bersamaan dengan internet.



2.Internet Corporation For Assigned Names And Numbers (ICANN)


ICANN mengelola registri dari web dan alamat IP. Organisasi ini memastikan bahwa tidak ada alamat yang duplikat. Ini adalah organisasi non-profit. Namun, saat ini bernilai hingga $ 100 juta. Berbicara soal organisasi ini, mereka berhubungan dengan data yang sangat sensitif dan penting.



3. Internet Engineering Task Force (IETF)


IETF menawarkan dokumen yang kualitas tinggi dan relevan dalam mempengaruhi orang untuk merancang dan mengelola internet. IETF memberikan panduan untuk pengembang yang ingin melakukan penelitian dan meningkatkan teknologi internet. IETF ini adalah organisasi sukarela. Organisasi ini dengan penuh dedikasi bekerja untuk peningkatan internet.



4. Internet Society (ISOC)


Internet Society adalah perpustakaan dari berbagai informasi terbaru (jadi ngga kudet gitu gan ). Organisasi ini membantu pengguna dan pengembang agar tetap update dengan informasi terbaru. Hal tersebut adalah tanggung jawab ISOC untuk memastikan pembatasan visi dan penggunaan internet. Organisasi ini memberdayakan internet untuk penggunaan non komersial.



5. Internet Architecture Board (IAB)


Sebagaiman internet tumbuh besar, semakin kuat dan berpengaruh, maka organisasi IAB ini memastikan bahwa sistem internet global ini secara efisien berfungsi. IAB secara resmi mempertahankan standar teknis seperti, TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol). IAB merupakan turunan dari ARPAnet (Departemen Pertahanan Amerika Serikat, FYI kemunculan internet dimulai dari sini ).



6. International Telecommunication Union (ITU)


ITU berkaitan dengan isu-isu teknologi informasi dan komunikasi internasional. Organisasi ini bertanggung jawab untuk frekuensi radio di bumi. ITU mendefinisikan kebijakan yang adil untuk organisasi lainnya. ITU memungkinkan negara untuk memiliki pemerintahan sama seperti internet. ada sekitar 89 negara telah menandatangani perjanjian dengan bantuan ITU.



7. World Wide Web Consortium (W3C)


Satu lagi mungkin adalah W3C, pada mulanya organisasi ini dibentuk dari sebuah laboratorium ilmu komputer MIT oleh Tim Berners-Lee (pencetus World Wide Web/WWW) serta Al-Vezza. W3C pada saat ini adalah yang bertanggung jawab terhadap semua perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang berkaitan dengan web. Misalnya standarisasi HTML, XML, XHTML, CSS, HTML5, CSS3 semuanya diatur oleh W3C, namun semua orang boleh mengajukan proposal jika memiliki ide untuk pembuatan standar baru yang berguna untuk web. Organisasi ini hingga sekarang masih dipimpin oleh Tim Berners-Lee.


Sumber : kaskus / faizdikra

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Organisasi yang Secara Rahasia Menjalankan dan Mengelola Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel