Jelajahi Hypnagogia & mengatasi Tindihan (Sleep Paralysis)



Jelajahi Hypnagogia

Hypnagogia adalah keadaan mental antara terjaga dan tidur ketika kita setengah sadar. Halusinasi terjadi dalam keadaan setengah tertidur. Masalahnya, fasilitas ingatan kita tertutup bahkan sekitar 3 menit sebelum kita bisa tidur. Halusinasi hypnagogia jarang diingat.
Jika anda berhasil mengumpulkan beberapa kesadaran selama hypnagogia, Anda akan menemukan sebuah tambang emas kreativitas.

  Dali, Einstein, Brahms, Wagner, Charles Dickens, dan Mark Twain semua dipengaruhi oleh mimpi hypnagogic dan halusinasi.
Pengalaman keluar tubuh kadang-kadang terjadi selama kondisi ini.


Ada trik untuk menjelajahi hypnagogia. Dali terkenal karena metode sendoknya. Dia mengistirahatkan dagunya pada sendok yang dipegang oleh tangannya. Saat Dali tertidur, otot-ototnya akan mengendur dan sendok akan jatuh di atas meja dan membangunkannya dari mimpi hypnagogic. Dia kemudian melanjutkan untuk melukis apa yang dilihatnya dalam mimpi. Gambar yang anda lihat ini adalah salah satu lukisan terkenal dari hasil mimpinya.


Metode Lain
Quote:Metode Dali bekerja, tapi di sini adalah metode yang lebih baik:
1. Berbaring telentang di tempat tidur atau duduk di kursi yang nyaman.
2. Letakkan siku anda pada permukaan tempat tidur atau lengan kursi sehingga lengan Anda mengarah lurus ke atas. Biarkan pergelangan tangan anda lemas jika itu lebih nyaman untuk anda.
3. Fokuskan pikiran anda pada masalah yang ingin anda pecahkan.
4. Biarkan diri anda melayang ke arah tidur, sambil terus fokus pada masalah selama anda bisa.
5. Tunggu lengan anda untuk lemas dan jatuh, membangunkan anda. Ini akan terjadi secara alami ketika anda mulai masuk ke kondisi tidur lelap.
6. Catat pikiran kreatif yang anda punya saat tertidur.
7. Ulangi.


Metode ini diambil dari buku “Mind Performance Hacks: Tips and tools for overclocking your brain”.

Hypnagogia terjadi karena saat anda memasuki alam mimpi, persepsi sensori anda hilang, meninggalkan otak anda untuk terbuka dalam kreatifitas dan halusinasi.



Tindihan / Sleep Paralysis

Kondisi hypnagogia ini jugalah yang orang sering keluhkan sebagai tindihan / sleep paralysis. Yaitu kondisi dimana saat anda tidur atau setengah tidur anda tidak bisa menggerakkan tubuh anda (otot anda melemas saat tidur). kemudian muncul halusinansi sesuai kisah mistis / kepercayaan lokal. Di Indonesia sleep paralysis biasa disertai dengan halusinasi ditindih pocong, kuntilanak, genderuwo atau wanita cantik tapi menyeramkan, di jepang nenek-nenek tua yang seram, di amerika penculikan alien atau nenek sihir, dst..dst… 


Muscle atonia adalah kondisi dimana otak pada kondisi REM melepaskan diri dari tubuh agar anda tidak bergerak-gerak saat mengalami mimpi. Hal ini baik. Namun bila tidur anda terganggu atau kesadaran anda kembali dan menyadari bahwa tubuh anda tidak bisa digerakkan maka muncullah teror sesuai kepercayaan anda. Kadang ada yang melaporkan bahwa mereka dicekik atau ditekan bagian dada, ini dikarenakan otak anda secara tidak sadar melepaskan kendali atas sistem pernafasan alami sedangkan otak sadar anda belum bisa mengendalikan seluruh tubuh anda. Untuk mengatasi hal ini, kita harus tenang. Dengan bekal pengetahuan yang cukup, dan dengan ketenangan maka dalam beberapa saat setelah anda benar-benar sadar kondisi ini akan hilang sendiri.





Update yg penasaran sama Lucid Dream, 

Original Posted By anggieyuliamj►                                                                                                                ane belajar metode2 LD dari thread yg bahas LD sama buku2 di perpus sekolah
Kalo untuk lewat Wake Induce,adalah teknik masuk lucid dream dengan induksi kesadaran. (ini kalo bagi ane cara tercepet ane kalo ld,walaupun ada metode yang ane nggak bisa)
tapi ane pernah coba lewat Dream Induce,merupakan teknik masuk lucid dream dengan induksi mimpi.Walaupun awalnya rada ngga biasa pake induksi mimpi.

Lewat wake induce,ini beberapa ulasan ane:
WILD ( Wake Induced Lucid Dreams), teknik kesadaran kalo kita mau LD <<--- ane sering pake cara ini 

FILD ( Finger Induced Lucid Dream ), adalah teknik yang ditemukan oleh
member DreamViews bernama hargarts. Teknik ini dilakukan dengan
bantuan gerakan-gerakan jari yang akan membantu kita untuk masuk ke
fase lucid. Ane berhasil ini

CILD ( Chakra Induced Lucid Dream ), adalah teknik yang menggunakan
bantuan Third Eye Chakra untuk mencapai fase lucid dream. Posisi mata
ketiga ada di antara kedua alis mata. Ane nggak berhasil cara ini   entah kenapa

EILD ( Electrical/External Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang
menggunakan alat bantu eksternal untuk mencapai fase lucid dream. Jujur,ane ngga pernah pake cara ini

via dream induce:
DILD ( Dream Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang menggunakan
'kepekaan' diri terhadap mimpi untuk mencapai fase lucid dream. Atau
dengan kata lain ketika anda sedang bermimpi, anda sadar ini adalah
mimpi, dan dengan keinginan untuk lucid dream, anda akan masuk dan
dapat melakukan dream bending. <<-- Ini juga salah satu pengalaman kalo lagi ld via metode ini dan waktu pertama kali ane coba metode ini ane sempet kaget karena ketemu sama kakek ane yang udah meninggal tapi ane bisa ld karena ane yakin ini cuma MIMPI  silahkan dicoba

DEILD ( Dream Exit Induced Lucid Dreams), adalah teknik yang
menggunakan kesadaran diri pada fase REM untuk mencapai fase lucid
dreaming. <<--- Biasanya digunakan alarm,kalo ane pake metode ini yg menggunakan alarm ane lebih cepet sp

MILD ( Mnemonic Induced Lucid Dreams ), adalah teknik yang ditemukan
oleh Dr. Stephen LeBerge. Teknik ini dilakukan dengan bantuan afirmasi dan mimpi yang sebelumnya telah terjadi. <<<--- Disini diperlukannya dream journal,favorit nya ane dgn cara ini yakni bisa melakukan dream recall.Yakni bisa menyambung ld agan,mimpi nya jangan lupa ditulis di Dream journal

Pengalaman lucid dream ane sih biasanya ke tempat2 yang berlatar warna cerah,keliling2 komplek,biasanya juga sering ngeliat reality checks yang ane bikin di sudut-sudut rumah ane.Pernah waktu itu ane ketemu sama kakek & om ane yang udah meninggal waktu ld dengan waktu agak lama.Bangun2 badan ane capek banget dan itu ga kerasa ane tidur lama-_-
tapi ga bakalan kapok LD
 


Update cara ngatasi tindihan  

Original Posted By whimsical
ane punya metode sangat efektif gan
udah di ujicoba ane sendiri dan teman ane

kalo terkena sleep paralysis itu cukup lemaskan pikiran dan badan
kalo dalam islam namanya berserah diri kepada Allah fokuskan pikiran ke Allah
sugestikan "tubuhku, pikiranku, jiwaku hanya milik Allah"
100000000000000% akan lgsung bergerak dan lepas sleep paralysis

kalo yg agamanya lain tentunya ikuti keyakinan masing2
tetep bisa kok. lemaskan badan dan pikiran itu kuncinya

kalo melihat dari sudut pandang medis. ketika kita mengalami sleep paralysi pikiran sudah on sedangkan badan masih off
nah dengan melemaskan keduanya maka pikiran mendekati off krn dilemaskan lalu badan dan pikiran akan melakukan sinkronisasi. jaidlah keduanya ON dan kita terbebas
 


Sumber : kaskus / thelimitless

Belum ada Komentar untuk "Jelajahi Hypnagogia & mengatasi Tindihan (Sleep Paralysis)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel