Peradaban Kuno Meksiko Mempunyai 40 Ribu Gedung Seperti New York


Ditemukan peradaban kuno di negara Meksiko yang mempunyai 40 ribu gedung layaknya gedung New York. Berbekal teknologi laser LiDAR, para ilmuwan masuk ke kota kerajaan bernama Purepecha di Mexico, dan ditemukan lahan bekas perkotaan seluas 26 kilometer persegi. ( Baca Juga : Pesawat Militer Gagal yang Pernah Dibuat pada Masa Perang Dunia II )

Melansir Engadget, arkeolog dari Colorado State University, Chris Fisher, menyebut bahwa kota tersebut adalah peradaban yang memiliki 1.500 bangunan per kilometer persegi tanah. Jika dihitung, kita bisa mendapat sekitar 40.000 pondasi bangunan di atas sana. Ini adalah jumlah bangunan yang sama dengan pulau Manhattan New York City. Kota ini dipenuhi oleh populasi masyarakat Purepecha yang ada bersamaan dengan suku Aztec. ( Baca Juga : 10 Proyek Konstruksi Termahal yang Pernah Dibuat Manusia )

Hal ini ditemukan berkat teknologi LiDAR yang punya kekuatan meneropong di balik lava yang menutupinya. Berkat teknologi ini, ilmuwan juga menemukan bahwa kota ini memiliki tata letak yang tak biasa dengan struktur besar layaknya piramida dan plaza terbuka yang berada di tepian kotanya.

Penggunakan LiDAR sendiri yang berbasis cahaya, semakin umum dalam arkeologi. Pasalnya, peneliti bisa memidai area tanah yang sangat luas ahnya dalam hitungan menit. LiDAR juga bisa menciptakan peta 3D dari lansekap tersebut dengan memancarkan laser ke tanah dari pesawat. Laser ini bisa menembus daun dan tanah, dan memungkinkan para ilmuwan bisa melihat kondisinya tanpa menebang pohon.

Belum ada Komentar untuk "Peradaban Kuno Meksiko Mempunyai 40 Ribu Gedung Seperti New York"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel